Tips Mudik Lebaran Yang Aman

By | December 22, 2013

Tips Mudik Lebaran Yang Aman – Anda barangkali bakal berencana mudik lebaran mengendarai mobil? Bila telah sering lakukan mudik atau perjalanan jauh antar kota barangkali sedikit alami kesusahan dalam hal persiapan, pengenalan medan, menentukan saat perjalanan, serta bekal dalam perjalanan. Walau demikian untuk yang belum sempat pastinya mesti tahu beberapa hal yang dibutuhkan waktu mudik lebaran atau lakukan perjalanan jauh. Apa lagi bila penggemar otomotif lakukan perjalanan jauh saat malam hari maka persiapan bakal begitu berlainan.

Dibawah ini yaitu persiapan yang perlu dikerjakan waktu bakal mudik lebaran :

Persiapan Mobil

Teliti atau periksa kesiapan mobil yang bakal dipakai dimulai dari Mesin, system kelistrikan, lampu-lampu baik lampu utama ataupun lampu sein juga lampu kabut, AC, hiburan/entertaiment (audio video mobil), system GPS (baca : Cara Menentukan GPS Yang Pas Untuk Mobil Anda), Aki, Tekanan Angin Ban, Kaki-kaki mobil, wiper (baca : Panduan Menjaga Wiper Mobil), system pasokan bahan bakar ( teliti lancar atau tdk), ganti oli mobil, janganlah lupa membawa peralatan service seperti kunci-kunci mobil

Persiapan Pengemudi

Persiapan pengemudi mencakup keadaan pengemudi baik keadaan badan, pikiran, kesehatan serta lain sebagainya. Untuk keadaan badan yakinkan pengemudi mempunyai stamina yang cukup, perjalanan jauh memerlukan konsentrasi yang tinggi keadaan mengantuk atau kelelahan bikin konsentrasi mengemudi terpecah serta menyebabkan beberapa hal seperti kecelakaan. Tak hanya mengantuk serta capek ternyata factor psikologis pengemudi juga merubah keselamatan dalam berkendara jauh dalam hal semacam ini sebisa-bisanya pengemudi hindari situasi psikis terlampau sedih, terlampau cemas, terlampau takut, gelisah, geram, tertekan, dan sebagainya yang mengakibatkan pengemudi dapat kehilangan kendali atas emosinya. Istirahat yang cukup bisa meminimalkan kemungkinan buruknya keadaan badan serta psikis pengemudi istirahat di sini di artikan tidur yang cukup.

Beban Mobil

Pertimbangkan kekuatan optimal membawa beban dalam batas aman, beban yang melebihi kemampuan mobil bisa bikin pengendalian mobil jadi lebih susah terlebih waktu melalui tikungan atau mobil berada pada kecepatan tinggi, resiko kecelakaan jadi berlipat ganda lantaran rem serta ban mobil bekerja dengan tak wajar. Banyak masalah kecelakaan dipicu oleh kelebihan muatan, janganlah anggap sepele hal semacam ini. Letakkan juga beban dengan cara rata, janganlah simpan beban pada satu sisi mobil saja atau juga pada satu pojok saja lantaran ban mobil mempunyai batas optimal dalam membawa beban, yang mana kemungkinan terburuk ban meledak bila di beri beban tak rata.

Cara Mengemudi

Mengemudilah dengan sopan, berarti tak terlampau arogan atau agresif. pakai kecepatan yang sama juga dengan mobil lain, hormatilah pengendara lain ( janganlah merasa paling benar di jalan), jaga jarak dengan mobil di depan, mengemudi dengan tak tergesa-gesa. Tak hanya sopan mengemudi berguna untuk ketenangan psikis, hal ini dapat juga menghemat tenaga kita (pengemudi), berkendara tak terlampau agresif dapat menghemat tenaga (dari capek serta mengantuk) serta dapat lakukan perjalanan lebih lama dengan nyaman, sbg catatan bila penggemar otomotif merasa mengantuk sebaiknya berhenti sebentar serta tidur 1/2 hingga satu jam, bila merasa capek dapat berhenti sebentar serta meregangkan otot-otot.

Panduan Mudah Mudik Lebaran Aman

  • Buat persiapan Mobil (AC, Musik, dan lain-lain)
  • Buat persiapan Keadaan Badan (fit serta fresh)
  • Bawa Peralatan Service (kunci-kunci)
  • Bawa kotak P3k (obat-obat standard)
  • Bawa Obat-obatan yang dianjurkan ( khusus apabila mempunyai)
  • Camilan serta makanan untuk keluarga
  • Air minum
  • Air mentah untuk cadangan radiator (secukupnya)
  • Packing barang dengan baik ( cermati beban serta jangan sampai gampang goyah packingnya)
  • Bawa HP serta charger, koneksi internet, GPS bila ada, radio atau koneksi internet

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih