Tutorial Mengetahui Ukuran Folder Direktori di Linux

By | December 3, 2013

Tutorial Mengetahui Ukuran Folder/Direktori di Linux – Berbagai macam perintah di dalam sistem operasi dilinux disediakan guna mempermudah dalam pengoperasian komputer. Perintah perintah linux tersebut sebenarnya mirip dengan yang ada di dalam sistem operasi Windows (DOS), hanya sintaknya saja yang berbeda. Pada kesempatan kali ini corelita.com hendak sharing untuk anda tentang cara Mengetahui Ukuran Folder/Direktori di Linux.

Untuk tahu ukuran folder atau jumlah kilobytes suatu folder di system operasi GNU/Linux, kita bisa memakai perintah “du”.

$ du

Perintah diatas bakal menampilkan daftar direktori yang ada pada folder aktif waktu itu beserta ukurannya. Baris paling akhir bakal menampilkan ukuran keseluruhan direktori itu dalam kilobyte.

$ du/home/kumkum

Perintah diatas bakal menampilkan ukuran keseluruhan direktori/home/kumkum.

$ du -h

Perintah diatas bakal menampilkan ukuran keseluruhan direktori dengan format yang gampang di baca (human readable format). Ukuran file atau direktori bakal ditampilkan dengan penambahan “k” untuk kilobyte serta “M” untuk megabyte dan “G” untuk gigabyte.

$ du -ah

Perintah diatas bakal menampilkan bukan sekedar ukuran direktori tetapi juga file yang ada di dalamnya dengan human readable format.

$ du -c

Perintah diatas bakal menampilkan cuma total ukuran saja, tiada detil ukuran sub direktori.

$ du -ch | grep total

Perintah diatas bakal menampilkan satu baris yang diisi ukuran keseluruhan suatu direktori.

$ du -s

Perintah diatas menampilkan ukuran direktori dalam wujud ringkas (summary).

$ du -S

Perintah diatas bakal menampilkan ukuran keseluruhan direktori tanpa mengikutkan sub direktori di dalamnya.

$ du –exclude=mp3

Perintah diatas bakal menampilkan ukuran keseluruhan direktori tetapi mengecualikan seluruh file yang memiliki kandungan kata ‘mp3. Diluar itu ada perintah untuk tahu sisa disk space.

$ df

Perintah diatas bakal menampilkan statistik disk yang terpakai serta tersisa.

$ df -h

Perintah diatas bakal menampilkan statistik disk dengan format yang gampang di baca (human readable format).

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih