Uniknya Buah Kiwi

By | November 22, 2013

Uniknya Buah Kiwi – Kiwi yaitu sejenis buah beri dengan grup kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa serta hibrida pada ini serta spesies pada genusActinidia. Actinidia asli datang dari Shaanxi, Cina. Buah kiwi yang normal berupa oval, kurang lebih sebesar telur ayam (5–8 cm/2–3 in serta diameter 4. 5–5. 5 cm/1¾– Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan serta daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, serta dapat dimakan. Struktur buah ini benar-benar halus serta rasa yang unik, saat ini buah kiwi telah ditanam di beragam negara.

Buah ini awalannya bernama Gosberi Cina, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada th. 1950-an, jadi melonette, lalu kiwi. Nama buah ini datang dari kiwi — burung yang tidak dapat terbang dari Selandia Baru.

Kiwi memanglah bukan hanya buah asli Indonesia. Buah ini datang dari Selandia Baru. Jika selama ini kiwi berwarna hijau serta terasa asam, saat ini kiwi mempunyai daging buah yang berwarna kuning dengan rasa yang manis.

Wujud buahnya yang oval, kurang lebih sebesar telur ayam. Kulitnya berwarna coklat dengan biji yang hitam yang kecil-kecil serta dapat dimakan. Tetapi kiwi nyatanya menaruh banyak fakta unik. Fakta-fakta tentang buah kiwi menurut corelita.com Di Sini, diantaranya :

  1. Kandungan vitamin C pada kiwi 2 x lebih tinggi dibanding jeruk dengan perbandingan berat yang sama.
  2. Kandungan vitamin E pada kiwi lima kali semakin besar dibanding apel dengan perbandingan berat yang sama.
  3. Kaya akan serat larut serta tak larut, yang keduanya dianjurkan untuk pencernaan.
  4. Memiliki kandungan enzim actinidin, yang bisa mempercepat pencernaan portein.
  5. Memiliki kandungan antioksidan dengan kandungan vitamin C, E, serta polifenol untuk pendukungnya.
  6. Angka kecukupan nutrisi per 100 gram penyajiannya lebih tinggi dibanding dengan buah yang lain. Kiwi Gold, lebih kurang 13,7 sementara jeruk 8,1 serta apel cuma 1,8.
  7. Angka kepadatan nutrisi kiwi gold sebesar 24, 4 sementara apel cuma 3,5 serta jeruk 9,7.
  8. Memiliki kandungan kalium yang tinggi 346 mg dibanding apel cuma 107 mg atau jeruk 181 mg, hingga aman untuk pasien hipertensi.
  9. Memiliki kandungan asam folat yang baik untuk ibu hamil.
  10. Indeks glikemiknya rendah, hingga aman untuk pasien diabetes.
  11. Memiliki kandungan lutein yang lebih tinggi dibanding apel, pada kiwi 129 mcg sedangkan apel 29 mcg. Lutein bermanfaat untuk kesehatan penglihatan.

Sesudah tahu fakta unik buah kiwi di atas, apakah tetap sangsi untuk mengonsumsinya? Buah ini gampang juga untuk dikonsumsi. Tinggal iris serta sendoki saja daging buahnya serta rasakan sejuta faedah buah kiwi.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih