Warisan Peradaban Romawi

By | December 30, 2013

Warisan Peradaban Romawi – Bangsa Romawi yaitu bangsa yang miliki sifat terbuka pada kebudayaan dari luar. Peradaban Hellenik (Yunani) serta Hellenistik (kombinasi peradaban Yunani serta peradaban Timur) diadopsi serta lalu di kembangkan jadi satu peradaban baru, yakni peradaban Romawi. Kebudayaan itu jadi dasar untuk berkembangnya peradaban Barat moderen seperti di bagian hukum, bhs serta sastra, seni bangunan atau arsitektur.

a. Bidang Arsitektur

Di bagian arsitektur, peradaban Romawi mempunyai kelebihan, seperti dalam tehnik beton serta pemakaian lengkung bundar. Tehnik pembuatan jalan serta waduk, mereka diaplikasikan di negara-negara Eropa Barat.

b. Bidang Sastra

Di bagian sastra, peradaban mereka membuahkan sastrawan besar seperti Cicero (104-43 SM) dengan pidato-pidato serta surat-suratnya, Virgil (79-19 SM) dengan puisi-puisinya tentang Roma ; Horacius (68-8 SM) melukiskan kesederhanaan kehidupan di Roma pada awal pertumbuhannya ; serta dramawan Rerencius serta Plantus yang meningkatkan karya-karya drama Hellenik hingga jadi karya drama untuk media hiburan. Beberapa pengetahuan kontemporer tentang Romawi didapat dari karya sejarawan Livi (59-17 M) yang melukiskan awal perkembangan Romawi hingga berkuasanya Augustus.

c. Bidang Pengobatan

Pengetahuan tentang obat-obatan Hellenik di kembangkan oleh Galen (131-201 M) sebagai satu standard dalam penyembuhan Romawi serta penerusnya. Di dukung oleh tersebarnya bhs Latin pengetahuan obat-obatan itu dipelajari oleh bangsa-bangsa lain yang memperoleh dampak Romawi. Saat ini, pengetahuan tentang obat-obatan, hukum, kedokeran dan sebagainya ditulis dalam bhs Latin.

d. Bidang Bahasa

Bhs Latin yang kerap juga dimaksud bhs romance jadi dasar untuk berkembangnya bhs Italia, Prancis, Spanyol, Portugal serta Inggris. Perubahan itu di pengaruhi oleh kekuasaan imperium Romawi atas lokasi sebagai negara-negara yang mempunyai bhs itu.

e. Bidang Hukum

Di bagian hukum, bangsa Romawi adalah penyumbang paling besar untuk peradaban barat dalam menegakkan keadilan. Rencana bahwasanya semua orang sama di depan hukum yaitu rencana pertama yang di kembangkan bangsa Romawi. Penyiksaan yang kerap dikerjakan oleh penyidik untuk mendapatkan pernyataan yang saat ini tetap kerap diaplikasikan di sebagian negara berkembang, telah beratus-ratus tahun lalu dilarang di Romawi. Melewati perjalanan histori, sistem terbentuknya hukum yang adil untuk semua kelompok penduduk tiada membedakan kaya-miskin serta kuasa-dikuasai pada akhirnya hingga pada peradaban kita saat ini.

Hukum Romawi berkembang melewati sistem histori. Hukum mereka mengatur tentang hak serta kewenangan kaisar, keputusan-keputusan hakim, pemerintahan republik, ketentuan warga negara tentang hak serta kewajibannya ; dan sebagainya.

Hukum Romawi pada prinsipnya adil serta manusiawi. Kode Hukum Justianus (era 6 M) jadi dasar hukum negara-negara Barat saat ini. Kode Napoleon yang populer itu pada prinsipnya mengambil hukum Romawi, demikian juga dengan Hukum Kanon Gereja Katolik.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih